March 23, 2011

NgAYaH

Kata Ngayah... Kerja Bakti... Gotong Royong, sudah demikian mengakarnya dibenak warga Banjar Jakarta Utara. Bahkan seringkali warga menanggalkan kepentingan pribadinya saat ada instruksi 'NgAYaH' dari Ketua Banjarnya. Pak Taguh misalnya, salah seorang warga tempek sukapura yang dengan suka cita membatalkan rencana 'belanja' untuk mengisi warung kelontong yang dikelolanya setelah mendapatkan info ada kegiatan 'NgAYaH di Pura Dalem Purnajati, ini baru satu contoh, masih banyak contoh2 yang lain.

Hari itu, Minggu 20 Maret 2011 ajakan 'NgAYah' Ketua Banjar Jakarta Utara disambut antusias oleh warganya, sehingga pekerjaan yang sesungguhnya berat itupun menjadi sangat ringan. Bahkan dapat diselesaikan melampaui target yang ditentukan.

Dari pengamatan selama ini 'NgAYaH' (di Pura) memunculkan efek keuntungan berganda, diantaranya:
  • Efek Kesehatan - Bila yang dikerjakan termasuk kategori berat, seperti angkat pasir, memindahkan batu bata (hitung2 olahraga.. hehehe)
  • Efek Ceria - Seruwet apapun persoalan baik dikantor ataupun dirumah saat membaur dengan pengayah lainnya pasti sirna dan berganti keceriaan.
  • Efek Kecerahan Batin - Setiapkali ada kegiatan 'NgAYaH' Pinisepuh yang hampir tidak pernah absen adalah Bp. Made Lanus. Beliau tak hanya pandai memotivasi pemuda untuk bahu membahu menyelesaikan pekerjaan, namun juga tak henti-hentinya memberikan wacana-wacana spiritual (sambil 'NgAYah'... sambil dengerin Dharma Wacana..)
Meski masih banyak efek2 lainnya, namun untuk sementara hanya efek itulah yang hendak disampaikan dalam tulisan ini.

Sebagai Pembaca yang bijaksana tentu tak akan percaya begitu saja dengan apa yang telah dipaparkan melalui tulisan ini dan tentunya ingin membuktikan kebenarannya kan? ...hehehe... Kebetulan, di Pura Dalem Purnajati saat ini sedang dilakukan RENOVASI TOTAL yang tentu saja banyak membutuhkan biaya dan tenaga.

Bagi yang berkenan YUK KITA NGAYAH...
Yang memiliki dana lebih... silahkan BERDANA PUNIA
Yang tak ada dana bisa NGAYAH TENAGA
Yang tak punya cukup tenaga, bisa tetap datang ke Pura Dalem..., setidaknya kedatangan Anda dapat memberikan semangat bagi pengayah lainnya.
Yang tak sempat datang bisa NGAYAH DENGAN DOA agar pembangunan dapat berjalan lancar....




--Pura Dalem Purnajati--
Jl. Raya Cilincing RT. 011 RW 015
Cilicing Jakarta Utara

--Bank Mandiri KCP JKT Mal Sunter--
Yayasan Suka Duka Banjar Jakarta Utara
No. Rekening: 120-00-0739567-1


No comments:

Post a Comment

Silahkan ketik komentar ANDA untuk feedback buat kami